Hawad : Parpol Diminta Pahami Hukum Acara Penyelesaian Sengketa Pemilu

Hawad : Parpol Diminta Pahami Hukum Acara Penyelesaian Sengketa Pemilu

Wartajurnalis.com – Anggota Bawaslu Kalbar Hawad Sriyanto, SH., yang membidangi sengketa pemilu berharap agar parpol memahami hukum acara penyelesaian sengketa pemilu. Sehingga sengketa yg diajukan tidak ada yang ditolak pihak Bawaslu.

“Dari data yang masuk ternyata masih ada permohonan yang tidak diterima hanya lantaran lewat masa tenggang waktu. Sejatinya, pengurus parpol mendalami hukum acara dalam beracara di Bawaslu terkait dengan penyelesaian sengketa” Tuturnya, Kamis (28/2) saat media ini berkunjung ke ruang kerjanya.

Data Permohonan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu (PPSPP) tahun 2019 yang masuk ke Bawaslu Kalbar sebanyak 18, diterima 16, ditolak 2 dan status diregester 16 (sedang berproses). Dari Delapan Belasan data PPSPP yang masuk, 5 dari Prov.Kalbar, Singkawang 1, Sambas 1, Sanggau 3, Sekadau 1 dan Kayong Utara 7. Dua tidak diterima, satu dari provinsi, satu dari Sanggau.

Dijeskan Hawad lebih lanjut, hukum acara beracara dalam penyelesaian sengketa di bawaslu yaitu Perbawaslu no. 18 tahun 2017 juncto perbawaslu no 18 tahun 2018 dan Perbawaslu no. 27 tahun 2018.

Dirinya berharap dalam kegiatan rapat koordinasi yang digelar diberbagai kabupaten kota baru baru ini, kwalitas permohonan pemohon untuk mengajukan penyeselaian sengketa bisa semakin meningkat.(kun)