Idul Adha Tiba, PLN Perkuat Pasokan Listrik di Masjid Istiqlal Jakarta

JAKARTA — PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat melakukan pemeliharaan pada trafo di Gardu Induk (GI) 150 kV Gambir Baru yang mensuplai listrik ke Kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta.

“Jadi, pemeliharaan yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pulogadung tersebut merupakan bagian dari rutinitas menjaga pasokan listrik kepada pelanggan terutama jelang pelaksanaan shalat Idul Adha 1445 Hijriah, Tahun 2024,” ujar General Manager PLN UIT JBB, Didik Fauzi Dakhlan, Rabu (12/6/2024).

Menurutnya, bahwa pemeliharaan rutin yang dilakukan bertujuan untuk menjaga performa peralatan di Gardu Induk Gambir Baru dan juga memperkuat pasokan listrik untuk masjid terbesar di Indonesia tersebut.

“Jadi, yang lebih utama adalah keamanan dan keandalan pasokan listrik bagi Masjid Istiqlal, karena sebentar lagi akan ada Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban. Kami menjamin pasokan listrik terjaga,” tutur Didik.

Ia menjelaskan bahwa pekerjaan diawali dengan manuver pengalihan beban dan pembebasan tegangan pada trafo. Ia katakan, itu penting dilakukan guna memastikan keamanan pekerjaan tanpa mengganggu pasokan listrik ke konsumen.

“Kemudian, tim memulai pekerjaan dengan safety briefing untuk memastikan seluruh anggota tim memahami tugas masing-masing, mengetahui zona berbahaya dan zona aman guna meminimalisir risiko kecelakaan kerja.

“Pemeliharaan ini berjalan lancar selama 8 jam, yang dilaksanakan oleh tim gabungan dari Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Pulogadung dan personel pemeliharaan GI Gambir Baru,” jelas Didik.

Sementara itu, Manager PLN UPT Pulogadung, Rizal Pahlevi memastikan semua langkah pemeliharaan dilakukan dengan cermat dan sesuai standar operasional prosedur.

Ia juga menyebut personel PLN berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, sehingga diharapkan performa dan keandalan trafo di GI Gambir Baru tetap terjaga optimal.

‚ÄúDalam hitungan hari Idul Adha akan segera tiba, PLN terus berkomitmen untuk memastikan pasokan listrik terjamin. Kami pastikan PLN hadir dalam menerangi hari raya yang ditunggu-ditunggu oleh seluruh umat muslim ini,” tandasnya.

FALDI/RED