Pemda Terima Reses Anggota DPRRI Cornelis

SINTANG. Bupati Sintang yang di wakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Yustinus Jukardi menyambut kedatangan Anggota DPR RI Komisi II Cornelis di Pendopo Bupati Sintang, Sabtu (7/3/2020) malam.

Kedatangan legislator Senayan, mantan Gubernur Kalbar dua periode ini ke Kabupaten Sintang ialah untuk kunjungan kerja spesifikasi diluar dapil pada masa reses dalam rangka penyerapan aspirasi di Kabupaten Sintang secara khusus di wilayah perbatasan.

Cornelis pun menyampaikan bahwa kunjungan kerjanya pada masa reses secara pribadi ini sebagai upaya menyerap aspirasi secara khusus dari wilayah perbatasan yang merupakan salah satu ruang lingkup kerja dari komisi II. Selain itu kata dia, kedatangan dirinya sebagai wakil rakyat juga untuk mengusulkan dan mengontrol program pembangunan pemerintah pusat kepada daerah apa sudah terlaksana atau belum dan ada permasalahan atau tidak.

“Jika ada yang belum terlaksana dan terdapat permasalahan saya bisa dorong kembali kepada pemerintah pusat. Karena instruksi presiden sudah jelas untuk percepatan membangun daerah perbatasan”ujarnya.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Yustinus Jukardi, yang memimpin pertemuan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan legislator dapil Kalbar Ike Kab. Sintang, dengan harapan dapat menyampaikan aspirasi dari Pemda Sintang kepada pemerintah pusat sehingga dapat memajukan daerah perbatasan di Bumi Senentang ini.

“Terima kasih pak atas kehadirannya di Sintang, apa lagi bagian perbatasan merupakan wewenang dari komisi dua sehingga kami pemda pun akan menyampaikan seperti apa progres pembangunan di perbatasan, nanti di sampaikan langsung baik dari camat dan kades dari wilayah perbatasan yang ikut hadir dalam pertemuan ini”jelas Yustinus.

Pada kesempatan itu, Yustinus mempersilakan OPD terkait dan para Camat untuk menyampaikan kondisi perbatasan saat ini. Dimana pada kesempatan pertama, Kabid Koordinasi, Perencanaan dan Fasilitasi Kerjasama, Badan Pengelola Perbatasan Daerah Kab. Sintang yakni Ramdi Nahum yang menyampaikan pelaksanaan Inpres di perbatasan Kab. Sintang perlahan sudah berjalan. Sehingga kata Nahum ruas jalan dari sintang sampai ke perbatasan sepanjang 179 Km agar diperbaiki status jalannya menjadi ruas jalan nasional.

“Kemudian status PLBN di Sei Kelik untuk hutan lindung sudah dibebaskan. Yang menjadi masalah rencana PLBN itu yang di tentukan pihak Malaysiae di Batu Lintang sedangkan sei Kelik ke batu lintang jaraknya 36 km”jelas Nahum.

Sementara untuk kegiatan tahun ini lanjut Nahum, di wilayah perbatasan adalah perencanaan air bersih komplek di PLBN dan meminta Sui Kelik segera dibangun perumahan rakyat.