Saudagar KOOD: Kita Harus Bangga dengan Produk Lokal

KOTA DEPOK – Sejumlah Saudagar yang tergabung dalam Komunitas Orang-Orang Depok (KOOD), turut hadir dalam acara Lebaran Depok, acara selama dua hari (6-7/7/2019) tersebut menyajikan berbagai stand serta aneka permainan tradisionil tempo dulu.

“Jadi acara Lebaran Orang Depok ini juga dapat dipercaya, sebab mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah. Ada beberapa sektor yang harus dikembangkan seperti sektor seni, budaya dan industri, khusunya produk lokal. Sektor ini dianggap salah satu sumber untuk mendongkrak perekonomian daerah.

“Artinya, dengan acara perdana Lebaran Depok ini menjadikan starting poin kita untuk mengangkat apa yang menjadi konsentrasi dari kehadiran KOOD,” ujar Ketua Saudagar KOOD H. Acep Al Azhari didampingi Dewan Pembinanya, H. Yahman Setiawan kepada pewarta, di wilayah Perumahan Sawangan Village, Depok, Jawa Barat.

Menurutnya, bahwa KOOD akan memposisikan diri, membangun identitas Depok melalui empat hal, yakni seni, budaya, bahasa, dan ekonomi.

“Artinya, hari ini menjadikan semangat kita bahwasanya ketika kita kenalkan tentang seni, tentang budaya, tentang bahasa, dan ekonomi lokal, ini antusiasnya luar biasa,” tutur Acep.

Dia juga menjelaskan, dengan suksesnya penyelenggaraan Lebaran Depok ini, membuat pihaknya berencana, kedepan akan meningkatkan acara tersebut.

“Jadi, saya pikir kedepannya kita akan coba gelar lagi dengan evaluasi yang hari ini kita dapati. Kelebihannya belum banyak tetapi kekurangan menjadi bahan belajar kita kedepan,” jelas Acep.

Acep juga berharap, bahwa bagaimana seni, budaya, bahasa bahkan produk lokal Depok itu menjadi tuan rumah di Kotanya sendiri, katena hal itu tidak mudah.

“Jadi, bagai mana agar produk lokal Depok menjadi tuan rumah di kotanya sendiri. Kita harus ‘Bangga’ dengan Produk Lokal Kota Depok. Maka dari itu, perlu ditanamkannya pada masyarakat kota Depok akan pembelaan pada produk lokal Depok sendiri,” imbuhnya.

FALDI