Agrianus Buka Gawai Dayak di Serangas

Gawai

Sintang-WARTAJURNALIS, Sekretaris DAD Kabupaten Sintang Agrianus M.Si mengajak seluruh masyarakat untuk bisa melestarikan kebudayaan yang sudah diwariskan oleh leluhur. Upaya menjaga dan melestarikan kata Agrianus tidak hanya memperingati kebudayaan tersebut acara semata tetapi juga bisa menurunkan apa yang sudah menjadi kebudayaan kepada anak cucu kita.

“Banyak budaya asing yang sudah masuk dan meracuni generasi kita. Untuk mengantisipasi hal ini kita perlu melestarikan kebudayaan yang sudah ada seperti milik kita ini,” kata Agrianus saat menghadiri acara Gawai Dayak di Dusun Serangas Desa Emparu Baru Kecamatan Dedai kemarin.

Menurut Agrianus, melalui kegiatan budaya seperti gawai Dayak dapat menjadi sarana menggali potensi budaya adat yang selama ini hampir saja terlupakan. “Banyak generasi muda kita yang mulai tidak mengetahui adat dan budayanya sendiri,” ujarnya.

Ketua Panitia Gawai, Fransius Juriaman menyampaikan pelaksanaan gawai itudigelar selama dua hari. Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan berbagai acara”kami memberikan apresiasi kepada pak Agri yang telah banyak membantu guna terwujudnya gawai Dayak ini”kata Fransius

Kepala Dusun Serangas Andreas mengungkapkan bahwa gawai tersebut digelar sebagai wujud dari ungkapan rasa syukur pada sang pencipta atas hasil panen yang di peroleh selama satu tahun ini.

“Kegiatan ini juga dapat menjadi sarana promosi pariwisata budaya, sehingga bisa dikenal luas oleh masyarakat adat di luar masyarakat adat Dayak dan sekaligus menunjukkan eksistensi dan melestarikan adat budaya Dayak,” tukasnya (WARTAJURNALIS)


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.