Patuhi Protokol Kesehatan, Rakercab PDI Perjuangan se-Kalbar Digelar Secara Virtual

PONTIANAK, Wartajurnalis.com — Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang tengah berlaku di sejumlah daerah di Kalimantan Barat tidak menghalangi pengurus DPC PDI Perjuangan se-Kalimantan Barat untuk menyelenggarakan kegiatan partai. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan penerapan protokol kesehatan secara ketat, pengurus partai berlambang banteng moncong putih itu tetap mengadakan kegiatan, salah satunya Rapat Kerja Cabang (Rakercab).

Digelar secara serentak mulai tanggal 18 hingga 20 Juni 2021, Rakercab PDI Perjuangan se-Kalbar dilaksanakan dengan menyebar peserta di banyak tempat. Melalui aplikasi Zoom, pertemuan tahunan itu memungkinan Pengurus Anak Cabang (PAC) yang menjadi peserta untuk tetap berada di daerahnya masing-masing, sementara pengurus DPC disebar di berbagai PAC. Cara ini dilakukan untuk mencegah peserta berkerumun di satu tempat sehingga membuka peluang terciptanya klaster penyebaran Covid-19.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat Lasarus yang mengikuti Rakercab dari Hotel Golden Tulip Pontianak menyatakan bahwa masa pandemi membuat hampir semua orang menjadi akrab dengan pertemuan virtual. Bagi PDI Perjuangan, lanjut dia, penerapan teknologi menjadi suatu keharusan agar kegiatan partai tidak berhenti dilakukan meskipun pandemi masih berlangsung.

“Karena situasi Covid, apalagi beberapa waktu belakangan lonjakannya luar biasa, sekaligus kami memperhatikan imbauan Gubernur Kalbar dan Wali Kota Pontianak terkait kegiatan-kegiatan umum di masa PPKM, maka kami melaksanakan ini (Rakercab) dengan peserta yang bisa disaksikan sendiri kurang dari 40 orang. Dengan pemikiran kegiatan partai tetap bisa jalan, tetapi kami patuh pada protokol kesehatan,” katanya saat dijumpai di Hotel Golden Tulip Pontianak, Jumat (18/6/2021).

Lasarus menambahkan bahwa rapat partai yang diadakan secara virtual sebetulnya mendatangkan banyak sekali manfaat. Sebab menurutnya, selain sudah pasti meminimalkan risiko meluasnya penularan Covid-19, rapat virtual juga lebih hemat dari sisi pembiayaan. Di samping itu, rapat daring yang juga dinilainya turut memberikan dampak terhadap peningkatan literasi digital masyarakat.

Untuk diketahui, Rakercab PDI Perjuangan serentak se-Kalimantan Barat dimulai pada tanggal 18 Juni hingga 20 Juni 2021. Di hari pertama, terdapat lima DPC yang mengadakan Rakercab, yakni Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sambas, dan Kota Singkawang.(kun)