Evaluasi coklit, KPU Sintang gelar rapat bersama PPK dan Bawaslu

Komisioner KPU Sintang, Edi Susanto

Bertempat di gedung aula Hotel Ladja, Jl J. C. Oevang Oeray Sintang, pada hari Jumat 21/08/2020 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sintang mengelar Rakor Evaluasi Coklit dan Penyusunan Daftar Pemilih Hasil Coklit Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang Tahun 2020.

” kita terus berbenah untuk pemutahiran data, dan hari ini kita kembali mengelar rapat evaluasi coklit dan penyusunan daftar pemilih dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati Sintang 2020″ terang salah seorang komisioner KPU, Edy Susanto, S.E., M.I.P, saat di temuai usai kegiatan.

Kegiatan Rapat evaluasi bersama yang digelar dari mulai pukul 08:30 dan selesai sekitar pukul 17:00 tersebut dihadiri anggota Bawaslu kabupaten Sintang, komisioner KPU kabupaten Sintang, anggota dan Oprator PPK se kecamatan.
” rapat kerja melibatkan Ketua PPK dan Oprator PPK se kecamatan sintang. Dan juga di hadiri anggota Bawaslu Sintang” ungkap Edy.

Tujuan dari kegiatan tersebut, menurut Edy, agar setiap PPK se kabupaten Sintang memiliki persepsi yang sama sesuai regulasi dalam memahami alur penyusunan daftar pemilih hasil coklit yang baru selesai dilaksanakan oleh PPDP. “Dengan demikian, diharapkan pleno tingkat PPS dan PPK, di bulan September nanti tidak ada kesalahan-kesalahan lagi” Harap Edy Susanto.

Menyikapi proses pemutahiran data pemilih, Edy menjelaskan bahwa KPU Kabupaten Sintang dalam hal ini menjamin serta melindungi hak pilih setiap warga yang dikarenakan oleh berbagai kelalaian, baik itu aspek teknis, politis. Pemutahiran data pemilih akan terus di lakukan, walaupun coklit sudah dilakukan.

” Sesuai dengan amanah, kita terus melakukan pendataan dan pemutahiran data pemilih, kita pastikan data pemilih benar benar sesuai seperti yang seharusnya, sehingga hak pilih dan hak politik warga negara dapat tersalurkan di TPS masing-masing pada tanggal 9 Desember tahun ini”, jelas Edy, di sela-sela kesibukannya.