Kepedulian PLN Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak-anak Penyintas Gempa Cianjur

Kepedulian PLN Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak-anak Penyintas Gempa CianjurKepedulian PLN Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak-anak Penyintas Gempa Cianjur

CIANJUR Membuktikan bentuk kepedulian dan aksi nyata PLN untuk memulihkan kondisi mental terhadap anak-anak penyintas gempa di Cianjur, Jawa Barat.

“Benar, PT PLN (Persero) melaksanakan program PLN Mengajar di sekolah dasar yang bangunannya rubuh terkena dampak dari gempa Cianjur. Melalui Program PLN Mengajar, para pegawai PLN membantu anak-anak untuk bisa pulih dari trauma gempa Cianjur,” ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia Sabtu, (28/1/2023).

Dia menyebutkan, bahwa kegiatan mengajar ini dilakukan atas inisiatif para pegawai PLN sendiri dan didukung oleh PLN Peduli serta Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN. Ini merupakan suatu bentuk kepedulian dan aksi nyata PLN untuk memulihkan kondisi mental anak-anak. “Selain menjadi guru sehari, para pegawai juga mengajak bermain sebagai salah satu bentuk trauma _healing_ bagi anak-anak penyintas gempa Cianjur,” ucap Susiana.

Susiana menambahkan, bahwa dampak dari gempa tersebut mengakibatkan kesedihan bagi semua pihak, khususnya anak-anak. Ruang kelas yang rusak parah menyebabkan proses belajar mengajar menjadi terganggu. Mereka pun kelompok yang rentan terkena masalah psikologis pasca gempa. Oleh karena itu, PLN sebagai satuan tugas BUMN turut mendukung pemulihan mereka.

“Jadi, pihaknya berharap hadirnya pegawai PLN yang mengajak belajar sambil bermain dapat memberikan sedikit hiburan dan mengurangi rasa trauma anak-anak sehingga mereka kembali semangat dan ceria,” imbuhnya.

Kirei, siswa kelas 6 SD Citamiang yang lokasi sekolahnya tidak jauh dari episentrum gempa merasa senang dengan adanya kegiatan PLN Mengajar.

Alhamdulillah’ seneng banget ada kegiatan ini. Bisa main bareng temen-temen, belajar bareng. Paling seneng pas bermain. Pengen lagi ada acara kayak gini, ujar Kirei.

Sama halnya diucapkan Raki, siswa SD Cimanahayu, bahwa dirinya merasa senang atas kegiatan PLN Mengajar.

Saya sangat senang dapat ilmu tentang bahaya kelistrikan dari kakak-kakak PLN. Bahkan, dapat hadiah juga dari PLN dan YBM. Terima kasih PLN telah memberikan hadiah, ucap Raki.

Ditempat yang sama Sri Mulyani, selaku guru SD Cimanahayu, menaruh harapan besar untuk _recovery_ kondisi setelah gempa melalui PLN Mengajar. Seperti, seluruh bangunan sekolah rusak parah akibat gempa. Anakanak pun terpaksa belajar di tenda darurat. Namun meski kami korban gempa, anak-anak tetap semangat belajar.

“Kami ucapkan, banyak terima kasih PLN sudah datang memberi bantuan untuk anak-anak. Alhamdulillah, mereka tambah semangat. Semoga ke depan bisa terjalin silaturahmi PLN dengan sekolah, papar Sri.

Begitu juga dengan Neius, selaku guru SD Citamiang menambahkan, bahwa kegiatan PLN Mengajar ini sangat bermanfaat untuk membantu anak-anak.

Bagus banget, Alhamdulillah’ Selain anak-anak main juga ada ilmunya. Tadi saya dengar dari PLN menyampaikan tentang kelistrikan, jadi anak-anak bertambah pengetahuan. Semoga ke depan sekolah kami segera bisa pulih dan diperbaiki, imbuhnya.

FALDI